Kembali bersama arro ( panggilan farroz ) yang sedang belajar blogging, buat sahabat netter yang masih belum juga punya blog, ayo segera daftar di www.blogger.com, kita lanjutkan semoga potingan arro ada manfaatnya ya sahabat arro... oke kita lanjutkan pembahasan kita tentang istilah blogger yang sudah akan mencapai klimaksnya...
Scraper:
Seseorang
yang menyalin konten dari sumber lain (baik situs ataupun blog) dan
mempublikasikannya di blognya sendiri, dengan atau tanpa memberikan kredit
link, dan tanpa meminta izin kepada penulis aslinya. Scraper bisa dilakukan
secara manual ataupun otomatis dan biasanya menggunakan tool
scraping RSS Feed. Scraper jelas-jelas merupakan
pelanggaran hak cipta.
Splog:
Blog
yang hanya digunakan untuk mempublikasikan kontenkonten spam. Splogs biasanya
berisi teks yang dikopi dari sumber lain, dikombinasikan dengan link-link
situs-situs obat-obatan terlarang, minuman keras dan judi.
SEO:
Kependekan
dari search engine optmization. SEO mencakup
sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs di
halaman hasil pencarian search engine (terutama
Google). Ada dua jenis aktivitas yang dilakukan yaitu: optimisasi on-page,
yakni mengoptimalkan penggunaan tag dan konten sebuah situs; dan optimisasi off-page,
yakni mengoptimalkan faktor-faktor eksternal misalnya jumlah dan kualitas backlink,
teknik-teknik promosi, dan lain-lain.
SERP:
Kependekan
dari search engine results page. Ketika Anda
mencari sebuah kata kunci melalui Google search engine,
Anda akan mendapatkan halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci
yang Anda cari. Halaman itulah yang disebut SERP.
Social Bookmarking:
Disebut juga social
aggregators atau community bookmarking. Social Bookmarking adalah
situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan,
menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari internet. Situs social bookmarking paling
populer adalah Digg.com, Reddit.com, StumbleUpon.com dan Del.icio.us. Social Media: Sebuah istilah umum yang
digunakan untuk mendefinisikan situs dan aplikasi web dimana terdapat unsur
interaksi sosial didalamnya (dalam bentuk teks, gambar, suara, video atau
gabungan dari semuanya). Contoh situs social
media adalah blog, forum online, social network, Wikipedia dan
lain-lain.
Social Networks:
Dalam dunia internet, istilah ini merujuk kepada sejumlah situs
dan aplikasi, dimana tujuannya adalah untuk memberi kesempatan penggunanya yang
memiliki sebuah minat yang sama untuk saling berhubungan, berinteraksi dan
berbagi. Contoh populer situs social network adalah MySpace.com dan LinkedIn.com. StumbleUpon: Situs social bookmarking populer
yang bertujuan memampukan para penggunanya untuk menemukan situs-situs baru dan
menarik. StumbleUpon bekerja dengan menggunakan browser
toolbar yang memungkinkan penggunanya
untuk memberikan vote dan meng-klik tombol “Stumble!” yang akan menampilkan sejumlah situs
atau halaman situs berdasarkan pilihan penggunanya dan apa
yang di-vote oleh pengguna lain.
Subscriber:
Pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs
ataupun berlangganan melalui email. Manakala situs tersebut di-update dengan konten baru, pelanggan
tersebut akan menerima konten melalui RSS Reader ataupun email. Para web master
dan blogger sangat memperhatikan jumlah pelanggan RSS karena ia
merepresentasikan jumlah pembaca setia dan traffic pengunjung yang konstan.
Tag:
Hampir sama dengan kategori, tag digunakan untuk mengklasifikasikan
sebuah artikel atupun konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih fleksibel
ketimbang kategori dan biasanya digunakan dengan cara yang lebih spesifik. Satu
artikel atau posting biasanya diberikan satu kategori besar dan banyak tag di
dalamnya.
Technorati:
Layanan mesin pencari blog, yang memberikan informasi tracking blog, tautan link dan posting
dari seluruh dunia. Sangat populer meskipun beberapa tahun belakangan mulai
kehilangan perhatian. Salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah daftar Technorati
Top 100, yang memberikan ranking 100 blog terpopuler di dunia berdasarkan
jumlah link dari blog lain.
Twitter:
Sebuah layanan social networking
dan microblogging yang kini sangat populer. Pengguna Twitter dapat
"mengikuti" pengguna yang lain untuk mendapatkan updates berita terbaru dari mereka. Setiap
update hanya
boleh berisi 140 karakter, dengan atau tanpa hiperlink.
Text Link Ads:
Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan
membeli sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan
biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat populer hingga kemudian Google mulai memberi
penalti situs-situs yang menjual ataupun membeli teks link dengan tujuan untuk
meningkatkan hasil pencarian search
engine.
Trackback:
Sebuah tool networking, hampir sama dengan pingback, yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah situs
ketika seseorang menautkan link ke situs tersebut.
Sumber : Kamus Istilah Blogger –
www.Blogguebo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar